TIGA
KATEGORI WILAYAH PERTANIAN (Jarmi, Yunus, 2007)
1.WILAYAH YANG PRASARANANYA RELATIF
MEMADAI, TEKNOLOGI TELAH MAJU, PRODUKTIVITAS TINGGI, BERORIENTASI PADA PASAR,
SANGAT MEMBUTUHKAN INFORMASI PASAR.
●
2.WILAYAH YANG PRASARANANYA BARU
DIBANGUN DAN BELUM MEMADAI, MULAI MENGENAL DAN MENERAPKAN TEKNOLOGI MAJU,
PRODUKTIVITAS SEDANG, BELUM BERORIENTASI PASAR, BELUM AKTIF MEMERLUKAN
INFORMASI PASAR.
●
3.WILAYAH YANG RELATIF BELUM MEMILIKI
PRASARANA PERTANIAN, TEKNOLOGI TRADISIONAL, PRODUKTIVITAS RENDAH, PETANINYA
BERSIFAT SUBSISTEN, BELUM MERASA MEMERLUKAN INFORMASI PERTANIAN.
PERUBAHAN
LAINNYA : PERUBAHAN KEBIJAKSANAAN
PEMERINTAH TENTANG PEMBANGUNAN PERTANIAN DAN PENYULUHAN PERTANIAN
üPELAKSANAAN DEMOKRASI PERTANIAN
üPETANI SEMAKIN BERPERAN DLM
PENGAMBILAN KEPUTUSAN
üKEBUTUHAN DAN HARAPAN-HARAPAN
PETANI SEMAKIN DIPERHATIKAN
üKEBIJAKAN DESENTRALISASI SEMAKIN
LUAS
üPENGALIHAN TANGGUNGJAWAB PROGRAM PP
DISERAHKAN KE DAERAH
ü“SERAGAM NASIONAL” MENJADI
“SPESIFIC LOKALITA”
üSTRUKTUR DAN MEKANISME KELEMBAGAAN
PENYULUHAN DAN PENELITIAN PERLU PENYESUAIAN DENGAN KONDISI DAN KEBUTUHAN BARU
YANG ADA DI MASYARAKAT.
üFUNGSI DAN PERANAN PENYULUHAN DAN
PENELITIAN : PROGRAM PERLU DISESUAIKAN DENGAN PERKEMBANGAN DUNIA PERTANIAN.
TARGET
PEMBANGUNAN PERTANIAN
PENCAPAIAN SWASEMBADA DAN
SWASEMBADA BERKELANJUTAN.
PENINGKATAN DIVERSIFIKASI PANGAN
PENINGKATAN NILAI TAMBAH, DAYA
SAING, DAN EKSPOR
PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PETANI
POKOK-POKOK
PIKIRAN SEBAGAI MASUKAN UNTUK PENYUSUNAN SISTEM PENYELENGGARAAN PENYULUHAN
PERTANIAN MASA DEPAN
1. KONFIRMASI
DEFINISI PENYULUHAN PERTANIAN :
DI MASA LALU PENYULUHAN MERUPAKAN PELENGKAP
PROGRAM PENYULUHAN PERTANIAN.
2.
PEWILAYAHAN DAERAH PENYULUHAN.
3.
PENYULUHAN PERTANIAN ATAS DASAR HASIL PENGKAJIAN LOKAL :
BERAGAMNYA SDA DAN EKOSISTEM YANG BERBEDA,
MENUNTUT TEKNOLOGI YANG DIDASARI HASIL PENGKAJIAN LOKAL.
4.
PENYULUHAN PERTANIAN DENGAN SISTEM KAFETARIA , YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN PROGRAM PENYULUHAN
YANG RELEVAN:
BERBAGAI INFORMASI DIKEMAS DAN DISAJIKAN
SECARA KAFETARIA UNTUK DIPIH SENDIRI OLEH PETANI.
5.
PEMANFAATAN MEDIA MASSA SECARA LEBIH LUAS.
6.
PEMBINAAN KELOMPOK TANI YANG DINAMIS.
7.
FASILITAS-FASILITAS KELOMPOK TANI : AGAR
DIFASILITASI SESUAI DENGAN KEBUTUHAN KELOMPOK TANI (KEBEBASAN UNTUK BERKUMPUL,
BELAJAR-MENGAJAR, MELAKUKAN USAHATANI, UNTUK MENINGKATKAN KEHIDUPAN MEREKA.
KEMAMPUAN
LAIN YANG DIBUTUHKAN:
PENGAMALAN DAN PENGHAYATAN ETIKA
PROFESI PENYULUH TERUTAMA UNTUK UNDANG-UNDANG SP3K DAN PENGEMBANGANNYA.
ETIKA PROFESI PP TERUTAMA UNTUK
PENGEMBANGAN MANAJEMEN ORGANISASI PENYULUHAN PERTANIAN.
PENYULUHAN
PERTANIAN HARUS BISA “MEMBERI PELAYANAN PENDIDIKAN DAN
INFORMASI YANG BERMUTU
BAGI MASYARAKAT PETANI AGAR
MEREKA DENGAN KEMAMPUANNYA SENDIRI DAPAT
TERUS MELAKUKAN PEMBANGUNAN PERTANIAN SECARA
BERKELANJUTAN”.
1.BAGAIMANAKAH TANGGUNGJAWAB PENYULUH
PERTANIAN UNTUK MENYIKAPI KONDISI UNDANG-UNDANG SP3K DAN MANAJEMEN ORGANISASI
PENYULUHAN PERTANIAN YANG MENGHENDAKI SISTEM YANG LEBIH TRANSPARAN DAN
PARTISIPASI PETANI ?
2.BAGAIMANAKAH PELUANG UNTUK MENCAPAI
TARGET PEMBANGUNAN PERTANIAN DAPAT TERWUJUD, JIKA PENGAMALAN DAN PENGHAYATAN
ETIKA PROFESI PP SERTA MANAJEMEN ORGANISASI PENYULUHAN PERTANIAN MASA DEPAN
DAPAT DILAKSANAKAN DENGAN BENAR?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar