Minggu, 05 Mei 2013

ETIKA PROFESI PENYULUH PERTANIAN DALAM SISTEM PENYELENGGARAAN PENYULUHAN PERTANIAN MASA DEPAN

TIGA KATEGORI WILAYAH PERTANIAN (Jarmi, Yunus, 2007)


1.WILAYAH YANG PRASARANANYA RELATIF MEMADAI, TEKNOLOGI TELAH MAJU, PRODUKTIVITAS TINGGI, BERORIENTASI PADA PASAR, SANGAT MEMBUTUHKAN INFORMASI PASAR.
2.WILAYAH YANG PRASARANANYA BARU DIBANGUN DAN BELUM MEMADAI, MULAI MENGENAL DAN MENERAPKAN TEKNOLOGI MAJU, PRODUKTIVITAS SEDANG, BELUM BERORIENTASI PASAR, BELUM AKTIF MEMERLUKAN INFORMASI PASAR.
3.WILAYAH YANG RELATIF BELUM MEMILIKI PRASARANA PERTANIAN, TEKNOLOGI TRADISIONAL, PRODUKTIVITAS RENDAH, PETANINYA BERSIFAT SUBSISTEN, BELUM MERASA MEMERLUKAN INFORMASI PERTANIAN.

        PERUBAHAN LAINNYA : PERUBAHAN KEBIJAKSANAAN  PEMERINTAH TENTANG PEMBANGUNAN PERTANIAN DAN PENYULUHAN PERTANIAN
üPELAKSANAAN DEMOKRASI PERTANIAN
üPETANI SEMAKIN BERPERAN DLM PENGAMBILAN KEPUTUSAN
üKEBUTUHAN DAN HARAPAN-HARAPAN PETANI SEMAKIN DIPERHATIKAN
üKEBIJAKAN DESENTRALISASI SEMAKIN LUAS
üPENGALIHAN TANGGUNGJAWAB PROGRAM PP DISERAHKAN KE DAERAH
ü“SERAGAM NASIONAL” MENJADI “SPESIFIC LOKALITA
üSTRUKTUR DAN MEKANISME KELEMBAGAAN PENYULUHAN DAN PENELITIAN PERLU PENYESUAIAN DENGAN KONDISI DAN KEBUTUHAN BARU YANG ADA DI MASYARAKAT.
üFUNGSI DAN PERANAN PENYULUHAN DAN PENELITIAN : PROGRAM PERLU DISESUAIKAN DENGAN PERKEMBANGAN DUNIA PERTANIAN.

TARGET PEMBANGUNAN PERTANIAN
PENCAPAIAN SWASEMBADA DAN SWASEMBADA BERKELANJUTAN.
PENINGKATAN DIVERSIFIKASI PANGAN
PENINGKATAN NILAI TAMBAH, DAYA SAING, DAN EKSPOR
PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PETANI
PENYULUHAN PERTANIAN DI MASA DEPAN

POKOK-POKOK PIKIRAN SEBAGAI MASUKAN UNTUK PENYUSUNAN SISTEM PENYELENGGARAAN PENYULUHAN PERTANIAN MASA DEPAN
1. KONFIRMASI DEFINISI PENYULUHAN PERTANIAN :
   DI MASA LALU PENYULUHAN MERUPAKAN PELENGKAP PROGRAM PENYULUHAN PERTANIAN.
2. PEWILAYAHAN DAERAH PENYULUHAN.
3. PENYULUHAN PERTANIAN ATAS DASAR HASIL PENGKAJIAN LOKAL :
    BERAGAMNYA SDA DAN EKOSISTEM YANG BERBEDA, MENUNTUT TEKNOLOGI YANG DIDASARI HASIL PENGKAJIAN LOKAL.
4. PENYULUHAN PERTANIAN DENGAN SISTEM KAFETARIA , YANG    DIKOMBINASIKAN DENGAN PROGRAM PENYULUHAN YANG RELEVAN:
    BERBAGAI INFORMASI DIKEMAS DAN DISAJIKAN SECARA KAFETARIA UNTUK DIPIH SENDIRI OLEH PETANI.
5. PEMANFAATAN MEDIA MASSA SECARA LEBIH LUAS.
6. PEMBINAAN KELOMPOK TANI YANG DINAMIS.
7. FASILITAS-FASILITAS KELOMPOK TANI :  AGAR DIFASILITASI SESUAI DENGAN KEBUTUHAN KELOMPOK TANI (KEBEBASAN UNTUK BERKUMPUL, BELAJAR-MENGAJAR, MELAKUKAN USAHATANI, UNTUK MENINGKATKAN KEHIDUPAN MEREKA.
KEMAMPUAN LAIN YANG DIBUTUHKAN:
PENGAMALAN DAN PENGHAYATAN ETIKA PROFESI  PENYULUH TERUTAMA UNTUK  UNDANG-UNDANG SP3K DAN PENGEMBANGANNYA.
ETIKA PROFESI PP TERUTAMA UNTUK PENGEMBANGAN MANAJEMEN ORGANISASI PENYULUHAN PERTANIAN.

PENYULUHAN PERTANIAN HARUS BISA “MEMBERI PELAYANAN PENDIDIKAN DAN INFORMASI YANG BERMUTU BAGI MASYARAKAT PETANI AGAR MEREKA DENGAN KEMAMPUANNYA SENDIRI DAPAT TERUS MELAKUKAN PEMBANGUNAN PERTANIAN SECARA BERKELANJUTAN.
1.BAGAIMANAKAH TANGGUNGJAWAB PENYULUH PERTANIAN UNTUK MENYIKAPI KONDISI UNDANG-UNDANG SP3K DAN MANAJEMEN ORGANISASI PENYULUHAN PERTANIAN YANG MENGHENDAKI SISTEM YANG LEBIH TRANSPARAN DAN PARTISIPASI PETANI ?
2.BAGAIMANAKAH PELUANG UNTUK MENCAPAI TARGET PEMBANGUNAN PERTANIAN DAPAT TERWUJUD, JIKA PENGAMALAN DAN PENGHAYATAN ETIKA PROFESI PP SERTA MANAJEMEN ORGANISASI PENYULUHAN PERTANIAN MASA DEPAN DAPAT DILAKSANAKAN DENGAN BENAR?




   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar